Kemenpar Akan Kembangkan Potensi Surfing di Cilacap

anggota PSOI Cilacap sedang memberikan penjelasan kesiapan pengurus untuk kejuaraan tanggal 13-15 November 2019

Cilacap, Juli 2019 – Kementrian Pariwisata melalui Asdep Percepatan Wisata Bahari, Indroyono Susilo saat acara Workshop Pengembangan Wisata Surfing, di Fave Hotel Cilacap, Kamis (3/7/2019) potensi wisata selancar sangat besar untuk bisa dioptimalkan di Pantai Widarapayung Cilacap. Sebenarnya bukan hanya pantai Widarapayung saja yang memiliki potensi surfing, ada beberapa pantai lagi yang memiliki kualitas ombak yang dapat digunakan untuk selancar, diantaranya adalag Pantai Kemiren, Pantai Jetis, Menganti Kisik dan Pantai Selok.

“Para surfer banyak yang bilang Indonesia disebut sebagai surga surfing. Karena kita memiliki banyak spot. Indonesia juga memiliki banyak event yang menggandeng WSL dan ASC. Pengembangan itu akan dilakukan juga di Cilacap,” katanya seperrti diinformasikan Guntur SaktiKepala Biro Komunikasi Publik Kemenpar.

Indroyono merujuk pada ketersediaan 3A (amenitas, aksesibilitas, dan atraksi) di sekitar Widarapayung. Untuk amenitas, pantai ini di dukung banyak homestay dan penginapan di sekitarnya. Sementara untuk akses, Cilacap bisa ditempuh dengan kereta, atau via pesawat jika New Yogyakarta International Airport (NYIA) sudah beroperasi penuh.

Kepala DInas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Cilacap, Drs. Heroe Harjato, M.M dalam paparannya mengatakan bahwa Pantai Widarapayung telah memenuhi 3A, baik atraksi dalam embrio kegiatan selancar, aksesbilitas infrastruktur menuju pantai Widarapayung hingga homestay.

 “Pihak Asia Surf Competition (ASC) sudah meyatakan bahwa Widarapayung Surfing Competition 2019 adalah bagian dari program ASC 2019. Masyarakatnya juga telah siap dengan adanya klub-klub surfing di dalamnya, begitu juga dengan keberadaan life guard di pantai dan telah terbitnya Peraturan Bupati (Perbup) Cilacap yang menetapkan Widarapayung sebagai Desa Wisata,” ujar Indroyono.

Dalam Workshop tersebut juga dihadiri oleh (PSOI) Persatuan Selancar Ombak Indonesia Provinsi Jawa Tengah, PSOI Kabupaten Cilacap, perwakilan World Surf League (WSL) dan Perwkilan PSOI Pusat. PSOI menyatakan siap dengan event yang akan diselenggarakan di Pantai Widarapayung pada tanggal 13 – 15 November tersebut.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *