Cilacap berpartisipasi dalam acara Borobudur Internasional Arts and Performance Festival 2019

persiapan panggung di Borobudur international Art Performance

Borobudur, 6 Juli 2019 – Duta Seni Kabupaten Cilacap berpartisipasi dalam acara Borobudur International Arts and Performance Festival 2019 yang berlangsung selama 3 hari di taman Lumbini Komplek Candi Borobudur dan Candi Pawon, Desa Wanarejo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Pagelaran yang digelar oleh Dinas Kepemudaan,Olahraga dan Pariwisata tahun ini mengusung tema Harmony in Diversity. Acara ini menampilkan kesenian dari 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah dan luar negeri.

Kabupaten Cilacap membawakan Tari Pulebahas Labuh Tresna. Tarian ini menceritakan tentang kisah asmara antara Pulebahas dengan Putri Dewi Ciptarasa yang dihalangi oleh Raden Kamandaka (Lutung Kasarung) Bekerjasama dengan Sanggar Dowoh Budaya dari Nusawungu, lakon ini dibawakan secara masal dan melibatkan banyak penari. Tarian yang berdurasi selama 30 menit ini sangat menarik perhatian pengunjung yang berada di lokasi. bukan hanya tampil diluar panggung yang disediakan, namun juga berinteraksi. pengunjung yang hadirpun mulai bergerombol dan mendekat ke panggung pada saat gamelan mulai

Tidak hanya penampilan kesenian dari 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah, beberapa provinsi tetangga seperti Lampung, DKI Jakarta, Banten, Sulawesi Utara, dan Aceh, Kabupaten Blitar Jawa Timur, Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan juga turut meramaikan Borobudur Internasional Arts and Performance Festival yang kelima ini.

Disporapar Jawa Tengah juga mengundang  tiga negara yaitu Spanyol, Meksiko, dan Hungaria untuk berkolaborasi dengan seniman-seniman Indonesia.

Bukan hanya kesenian, Tourism Trade and Investment (TTI) juga turut meramaikan BIAPF dengan pameran  di Taman Lumbini yang menampilkan produk dari Provinsi Jateng dan 35 kabupaten/kota se-Jawa Tengah, serta provinsi tetangga seperti Lampung, DKI Jakarta, Banten, Sulawesi Utara, dan Aceh, Kabupaten Blitar Jawa Timur, Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *