Mendekatkan Persoalan Sosial Kemasyarakatan Melalui Film

CILACAP – Pengujung bulan Agustus 2019, Mobil Bioskop Keliling Kementerian Pendidikan RI yang dikelola oleh Dinas Pemuda, Olah Raga dan Pariwisata (Disporapar) Cilacap mampir ke dua desa, Desa Jeruklegi Wetan, Kecamatan Jeruklegi dan Lapangan Bunton, Desa Bunton, Kecamatan Adipala, 30-31 Agustus 2019. Warga yang haus hiburan segera memenuhi arena pemutaran film dengan media layar tancap itu.

Di Bunton, lima buah film garapan pemuda setempat diputar malam itu. Berbagai tema mulai dari sampah, pernikahan dini, hingga cita-cita menjadi wakil rakyat menjadi suguhan menarik. Sebagai penutup, komunitas Gudik_Cilacap turut memutar film tentang perjuangan mengisi kemerdekaan.

“Kami sedang fokus untuk mengembangkan potensi dan kreativitas pemuda Bunton salah satunya dalam bidang audio visual,” ujar Pengurus Karang Taruna Putra Mandala Giri Desa Bunton, Parman Umar Mustofa di sela pemutaran.

Menurut Parman, pemuda setempat tengah mengembangkan kanal berbagi video sebagai menjadi ruang ekspresi sekaligus mendekatkan persoalan sosial kepada masyarakat. Hasilnya, mereka memproduksi lima karya yang mengangkat segala persoalan di desanya. Selain pengembangan kreativitas, film menjadi media untuk mendorong pemuda menghindari hal yang negatif.

“Kembangkan terus kreatifitas, agar potensi desa semakin terangkat,” katanya.

Staf Dinporapar Cilacap, Bambang Ario Damar mengatakan, pemuda desa yang menggarap audio visual semakin berkembang saat ini. Pemkab Cilacap berupaya untuk memfasilitasi setiap kegiatan positif.

“Ini bukti apresiasi dari pemerintah, salah satunya dengan memfasilitasi gelaran pemutaran film. Meski sederhana, namun dampaknya bisa terasa. Semua masyarakat merasa senang dan terhibur dengan gelaran layer tanjleb malam itu,” ucapnya.

Dia menjelaskan, gelaran Layar Tancap Bioskop Keliling ini turut memeriahkan gelaran Resepsi HUT RI ke-74 yang diselenggarakan oleh para pemuda desa. (Nugroho Pandhu Sukmono-52)

sumber: https://suarabanyumas.com/mendekatkan-persoalan-sosial-kemasyarakatan-melalui-film/

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *