parit dan ruang tembak benteng

Benteng Pendem Cilacap atau dalam bahasa Belanda disebut “KUSBATTERIJ OP DE LANTONG TE TJILATJAP” terletak 0,5 Km ke arah selatan dari obyek wisata pantai Teluk Penyu. Bangunan Benteng Pendem ini memiliki konfigurasi yang masih kokoh diantaranya barak/ ruang perajurit, klinik, terowongan, penjara, ruang amunisi, ruang tembak yang dikelilingi oleh pagar dan parit tertimbun tanah sedalam 1-3 meter. Serta landasan meriam disisi timur dan 5 landasan di sisi selatan.

Dibangun oleh Tentara Kerajaan Belanda tahun 1861 sampai dengan 1879 untuk pertahanan Belanda menghadapi serangan musuh baik dari luar maupun dari dalam sampai dengan tahun 1942 . Pada tahun 1952 -1962 menjadi markas banteng loreng kesatuan Jawa Tengah dan pada tahun 1962-1965 menjadi tempat pendaratan laut pasukan RPKAD.

barak, berjumlah 14 ruang terletak di sisi utara benteng

Benteng ini juga dikelilingi dengan parit selebar 18 meter kedalaman 3 meter berfungsi untuk menghambat lajunya musuh. Didalam Benteng saat ini terdapat rusa yang dibiarkan berkeliaran bebas didalam areal benteng. Rusa rusa ini setiap tahunnya bertambah banyak sehingga dapat menjadi atraksi bagi wisatawan saat memberi makan rusa rusa tersebut. 

rusa yang dibiarkan berkeliaran bebas