Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata

Terbentuk, Komite Ekonomi Kreatif (KEK) Cilacap

Geliat pengembangan potensi Ekonomi Kreatif di Kabupaten Cilacap semakin menunjukan keseriusasnya. Hal ini diwujudkan dengan dibentuknya Komite Ekonomi Kreatif Kabupaten Cilacap. Pembentukan Komite Ekonomi Kreatif ini mengacu pada Keputusan Gubernur Jawa Tengah No.500/42 Tahun 2019 Tentang Pembentukan Komite EKonomi Kreatif.

Dari kiri : Erni Suharti, SH (Kabid Pemasaran & Ekraf)Disporapar Kab. Cilacap, Paiman, S.Ag (Sekdin) Disporapar Kab. Cilacap dan Insan Indah Pribadi (Founder Sangkanparan Visual Multimedia)

Pertemuan yang dihadiri sedikitnya 20 oang ini, adalah kelanjutan dari FGD (Focus Group Discussion) yang diselenggarakan 1 Desember 2020 lalu di Java Resto. Saat itu, dibentuklah Tim Formatur yang ditugaskan untuk selanjutnya menyelenggarakan rapat pembentukan Komite Ekonomi Kreatif.

Dan pada saat ini, Senin 14 Desember 2020 di ruang rapat Masigit Sela Disporapar Kab Cilacap diselenggarakan Rapat Pembentukan KEK dan memutuskan Insan Indah Pribadi menjadi Ketua Umum dalam KEK tersebut. Pemilihan tersebut ditentukan dalam Forum yang dihadiri oleh Para Pelaku Ekonomi Kreatif, Akademisi, Pengusaha dan juga beberpa OPD yang menaungi bidang ekonomi kreatif.

Pembentukan Komite Ekonomi Kreatif (KEK) dilakukan untuk menguatkan jejaring antar para pelaku ekonomi kreatif dan juga mengangkat potensi daerah. Selain itu, dengan keberadaan Komite Ekonomi Kreatif diharapkan mampu menjadi parnter bagi pemerintah untuk dapat mendorong pertumbuhan ekonomi kerakyatan dan juga bidang ekonomi kreatif yang terus bertumbuh dengan media-media baru di era digital yang semakin pesat. Insan sendiri berharap, dirinya tak bekerja sendirian dan perlu mendapat dukungan dari berbagai pihak. “Saya berharap, peran serta dari berbagai pihak untuk dapat bersama-sama mengembangkan sumber daya pelaku ekonomi kreatif di Cilacap melalui KEK, agar dapat meningkatkan potensi daerah” ujar Insan yang saat itu terpilih menjadi Ketua KEK.

Komite Ekonomi Kreatif ini ternyata diisi oleh para pelaku yang namanya juga sudah banyak di kenal dalam dunia ekonomi kreatif, diantaranya, Ketua Umum : Insan Indah Pribadi, Wakil Ketua Umum : Martin Tri Santoso (pengelola Kampung Kreatif Karisma Maos), Sekretaris : Muddasir Faisal (tim IT Genpi Jateng), Bendahara : Arif Budiman (Sekretaris Umum HIPMI Cilacap) , Bidang Hubungan Antar Lembaga : Amin Suwanto (Pengelola PHRI Cilacap), Bidang Fasilitas dan Akses Pemasaran: Husni Bawazir (Ketua Umum HIPMI Cilacap), Bidang Hukum Regulasi dan Kebijakan: Ashadi S. H, (Pelaku Ekonomi Kreatif),  Bidang Riset dan Pengembangan Potensi Daerah : Achmad Iskandar (Tim Riset dan Pengelola Aplikasi & Coding), Bidang Pengembangan Sumber Daya Kreatif: Erna Juliana S. M (Ketua Klaster Kriya Cilacap) , Dan didukung oleh para koordinator di setiap wilayah di Cilacap yang secara geografis tersebar dari wilayah, Barat, Timur dan Tengah.

Selanjutnya, selaku pengarah Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata Kab. Cilacap akan menerbitkan SK Pembentukan Komite Ekonomi Kreatif dan memfasilitasi KEK untuk memaksimalkan kinerja harian KEK. “Dalam waktu dekat ini, kami akan membuat SK dan selanjutnya kami akan mencari sekrertariat yang representatif, agar teman-teman KEK dapat melaksanakan kerja-kerja kreatifnya.” Ujar Paiman, S.Ag, MMPD Sekertaris Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata Kabupaten Cilacap.

link : https://sangkanparan.wordpress.com/2020/12/14/terbentuk-komite-ekonomi-kreatif-kek-cilacap/