Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata

Pesona Serayu, Desa Wisata Rintisan Kesugihan Kidul

                                                                                                                     foto : pokdarwis Desa Kesugihan Kidul

Cilacap, Jan 2020 – Upaya peningkatan ekonomi kerakyatan melalui pariwisata mulai digerakkan di Desa Kesugihan Kidul melalui Desa Wisata. Dengan menjual daya tarik buatan berupa tempat “momong” bermain anak, pusat jajanan dan permainan anak Desa Wisata ini dikelola oleh BUMDES dan Pokdarwis Desa Kesugihan Kidul.
Lokasi daya tarik wisata ini berada di lahan milik desa seluas 3,4 hektar. Berada di tepi sungai Serayu daya tarik wisata buatan ini berlokasi dekat jembatan Serayu yang memisahkan Kecamatan Kesugihan dengan Adipala. Selain menikmati kali Serayu, sisi lain yang menarik di Pesona Serayu yakni adanya taman yang dibentuk sedemikian rupa, seperti ada rumah kurcaci untuk tempat bermain anak.
Menariknya, di rumah kurcaci ini, lantainya menggunakan rumput sintetis, sehingga siapapun yang masuk ke lokasi wisata ini harus menanggalkan alas kaki. Ada juga beberapa gazebo sebagai tempat istirahat. Berbagai wahana bagi anak, maupun spot-spot menarik lainnya yang bisa dijadikan swafoto juga ada di tempat ini. Di lokasi wisata ini juga terdapat warung makanan dan minuman, sehingga pengunjung bisa menikmati suasana pinggir Kali Serayu dengan santai.
Desa Wisata Pesona Serayu tertuang dalam Surat Keputusan Bupati No: 556/708/27/Tahun 2020 yang bertujuan untuk meningkatkan PAD dan mengembangkan ekonomi pedesaan.