Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata

Boss One, Gitar Produksi Lokal Cilacap yang Bukan Kaleng Kaleng

 

Cilacap- Konstruksi neck terbuat dari Flame Maple,  body kayu mahoni, fretboard rosewood dan hardware pabrikan merk Gotoh adalah salah satu contoh pesanan yang harus dibuat oleh Suwanto, seorang pengrajin gitar yang berada di Dusun Karang Sembung, Desa Karangsari,  Kecamatan Adipala.

Suwanto memproduksi gitar elektrik maupun gitar akustik yang memiliki kualitas yang cukup baik. Bahkan seorang artis ternama seperti Edo Widiz yang merupakan musisi nasional dari Band Voodoo yang terkenal era 90-an bersedia untuk menjadi endorsernya. Sebuah prestasi tersendiri apabila produk dari pengrajin lokal cilacap mampu bersaing dengan gitar gitar pabrikan yang diproduksi secara masal. salah satu UMKM ini menjadi sebuah warna tersendiri bagi dunia ekonomi kreatif Cilacap, pasalnya sektor ini belum banyak ditemukan di Kabupaten Cilacap.

Suwanto selain memproduksi gitar custom yaitu gitar pesanan dengan spesifikasi tertentu, beliau juga memproduksi gitar yang dijual dengan merk sendiri, yaitu Bos One. Merk ini masih baru, namun soal kualitas dan suara gitar ini tidak kalah dibandingkan dengan gitar pabrikan yang lain.

Workshop gitarnya berada di Desa Karangsari sangat mudah ditemukan, cukup mencari dimesin pencari gps anda akan menemukan titik lokasi workshopnya. Jika anda memiliki keinginan untuk membuat gitar dengan spesifikasi tertentu, warna tertentu yang personal tidak ada salahnya untuk pesan di Suwanto, Bos One Adipala ini.