Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata

Selayang Pandang “Mernek Jenek” Desa Mernek, maos

Desa Mernek Kecamatan Maos merupakan desa yang berada di wilayah Barat Kabupaten Cilacap, dengan luas wilayah 369,005Hektar. Desa Merne terdiri dari 4 Dusun ( Dusun Sibangkong, Dusun Mernek, Dusun Rawaeng, dan Dusun Karangjengkol) dengan jumlah penduduk  5800 ribu jiwa dan 1775 KK. Dengan budaya, religi, dan keindahan alam yang mempesona, dengan letak kondisi dan geografisnya, Desa Mernek memiliki potensi besar untuk menjadikan Desa Mernek menjadi Desa Wisata, Sebagian besar masyarakat Desa Mernek bermata pencaharian sebagain petani sawah dan palawija karena di dukung dengan kondisi tanah dan letak geografis dan berpotensi dikembangkannya  Agro Edu Wisata .

Di bidang Religi, Sejarah dan Adat Budaya Desa Mernek sangat kental sekali. Itu semua sangat berpotensi besar untuk di kembangkan wisata budaya, dilengkapi dengan berbagai olahan makanan, souvenir khas Desa Mernek dan pusat produksi.

Dengan beraneka ragamnya serta berpotensi besar obyek – obyek wisatanya, Maka sangatlah layak Desa Mernek Kecamatan Maos dikembangkan menjadi tujuan wisata desa wisata dengan konsep Agro Edu Wisata.

 

POTENSI WISATA

  1. Agro Edu Wisata Mernek Jenek

Potensi alam yang indah dan sejuk, di dalam kawasan Perdesaan dan pemandangan yang indah, Agro Edu Wisata Mernek Jenek sangat cocok untuk dijadikan tujuan wisata Pedesaan. Selain wisata persawahan Agro Edu Wisata Mernek Jenek sedang mengembangkan wisata leluhur, budaya jawa dan lokal, dengan potensi tanah lahan pertanian yang baik dan pengelolaan yang baik pula sangat sesuai untuk menjadikannya sebagai Desa Wisata.

Selain agro edu wisata dan wisata pedesaan, Agro Edu Wisata Pedesaam  memiliki sejarah, religi, dan adat budaya lokal yang kental sekali, sehingga dengan bebrapa potensi yang ada Agro Edu Wisata Mermek Jenek akan sangat layak dijadikan tujuan wisata.

 

  1. Pusat Pendidikan dan Industri

Potensi lain Desa Mernek adalah Pendidikan dan Industri, Dengan lengkapnya tingkat Pendidikan di Desa Tambaksari dari tingkat PAUD, TK, SD, TPQ dan Masjid Ta’lim Desa Mernek sangat cocok di jadikan Pusat Pendidikan Formal, Non Formal dan Imformal

Selain potensi pendidikan Desa Merneki juga memiliki Potensi Industri, dengan berbagai hasil olahan baik itu makanan atau kerajinan , salah satu produk Desa Mernek juga telah Go-Internasional yaitu “ONDE-ONDE KETAWA”, dan dari itu pula Desa Mernek  sudah menjadi Pusat Pelatihan dan Industri.

Dari potensi – potensi yang ada di Desa Mernek betul – betul layak untuk dijadikan Desa Wisata dan jika di dukung penuh oleh pemerintah, masyarakat dan pihak terkait lainya, maka kami yakin dengan potensi – potensi yang ada dapat berkembang dengan pesat, dan mampu memberikan kontribusi yang baik untuk peningkatan pendapatan asli desa dan juga tingkat ekonomi masyarakat secara otomatis lebih meningkat.