Kembangkan Pariwisata, Hidupkan Ekonomi Kerakyatan. Silaturahmi Musisi Cilacap 4

Sambutan Paiman S.Ag., M.Pd selaku k PLT Kepala Dinas Pemuda Olahraga & Pariwisata Cilacap

Serangkaian acara yang berjalan di Dusun Golewang, Desa Bener, Kecamatan Majenang ini memberikan dampak pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat sekitar. Hal tersebut dituturkan oleh Anas Danu Sudrajat selaku koordinator lokal dalam kegiatan Silaturahmi Musisi Cilacap 4. “Seneng banyak yang datang kesini. Para pedagang jadi rame.” Ungkapnya.

Gelaran Silaturahmi Musisi Cilacap 4 yang diselenggarakan sejak pagi hingga malam hari ini memang menjadi magnet bagi banyak orang untuk hadir dalam kegiatan tersebut. Para musisi Cilacap dari berbagai wilayah hadir turut serta memeriahkan acara. Sebut saja Hari Kristiawan seorang komposer dan arrangger asal Cilacap, Andreas vocalist terbaik Cilacap, Andi Jahloe seniman Dayeuhluhur, Jaka Sungging musisi asal Kroya, Mirzad Mlekiki dari Adipala, Rinda dan Ajinomontok dari Sidareja dan sederet nama-nama pelaku seni Cilacap yang hadir turut serta menghidupkan acara pada hari itu.


Ada beragam acara pada gelaran Silaturahmi Musisi Cilacap 4. Diantaranya yaitu Jam Session dimana para tamu undangan maupun pengunjung bebas untuk pentas dan unjuk karya pada panggung utama yang disediakan. Kemudian pada siang harinya diadakan sesi diskusi. Duduk bersama antara komunitas, pelaku seni musik dan jajaran pemerintah untuk mendiskusikan strategi perkembangan dunia musik di Cilacap. Diskusi diselenggarakan di pendopo bawah Vila Golewang dan dipandu oleh Insan Indah Pribadi Ketua Komite Ekonomi Kreatif Cilacap, menghadirkan pemantik diskusi Tofik Suseno inisiator Silaturahmi Musisi Cilacap dan Kresno Wijoyonegoro produser Mahakarya Cilacap Untuk Indonesia. Dalam diskusi yang dihadiri oleh para musisi dan lintas komunitas, hadir juga Erni Suharti, SH selaku Kabid Pemasaran dan Ekonomi Kreatif Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kab. Cilacap bersama juga Mas dan Mbak Duta Wisata terpilih tahun 2022, serta Anshor Basuki Balasikh Kasi Kesenian Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab.Cilacap.

Sementara itu di pendopo atas berlangsung kegiatan Jejaring Komunitas yang melibatkan Tjilatjap Histori, memamerkan arsip-arsip sejarah, benda-benda peninggalan, beberapa teks dan manuskrip tembang-tembang jawa yang bisa menjadi bahan edukasi untuk remaja dan masyarakat umum yang hadir dalam kegiatan tersebut. Tak hanya itu beberapa produk Drum (Y&T) asal Majenang juga terdisplay pada pameran yang diselenggarakan selama acara Silaturahmi Musisi Cilacap 4 berlangsung.

Kegiatan yang sejatinya mengajak masyarakat hadir di sebuah desa untuk berwisata ini mendapat dukungan dari berbagai pihak. Salah satunya yaitu komunitas Offroad VES Barlingmascakeb distrik Majenang. 4 Mobil Offroad diturunkan untuk menembus medan ekstrim berlumpur demi menghantar para tamu undangan yang hadir dalam acara ini.

Dalam sambutanya, Paiman,S.Ag,.M.Pd. berharap, adanya jalur yang dikelola khusus untuk masyarakat yang suka dengan medan ekstrim. “Perlu diciptakan jalur khusus Offroad yang memicu adrenalin. Agar wisata disini memiliki warna tersendiri yang tidak didapatkan ditempat lain.” Ungkap Paiman, plt Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Cilacap yang didamping Mas dan Mbak Duta Wisata Kab. Cilacap saat memberikan sambutan di panggung utama Silaturahmi Musisi Cilacap.

Sambutan tofik Suseno

Tofik Suseno selaku inisiator Silaturahmi Musisi Cilacap berharap, kekeluargaan yang dibangun antar musisi di Cilacap dapat terus berjalan dimasa yang akan datang. Sehingga iklim bermusik di Cilacap dapat terus terbangun dengan baik. “Berharap kedepan semua menjadi lebih baik. Kami tunggu sinergitas selanjutnya di Silaturahmi Musisi Cilacap yang ke 5” ungkap pria gondrong yang juga sebagai founder dari kelompok musik Tabuh Singmoni.

Serangkaian kegiatan Silaturahmi Musisi Cilacap 4 berjalan lancar dengan ditutup Pementasan dari Tabuh Singmoni yang membawakan 4 lagu berkolaborasi bersama Dalang Kuncoro dari Pondok Pesantren Metal Tobat serta Tari Sufi dari Karya Tunas Nusantara Wanareja.