Disporapar Fasilitasi Desa Wisata dalam Penyusunan Paket Wisata

 

Cilacap, berlangsung selama 2 hari di Hotel Sindoro Cilacap, Disporapar kabupaten Cilacap menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata 2022 yang diikuti oleh 40 orang yang berasal dari Desa Wisata yang ada di Cilacap. Kegiatan pelatihan dengan tema “Menuju Kebangkitan Desa” tersebut bertujuan untuk Membangun kepariwisataan di Kabupaten Cilacap yang bertumpu pada keanekaragaman, keunikan dan kekhasan budaya dan alam. Kemudian meningkatkan peran serta masyarakat dalam pembangunan pariwisata di Kabupaten Cilacap. Serta mewujudkan pembangunan pariwisata berkelanjutan melalui implementasi konsep Community Based Tourism (CBT).

Selain itu kemajuan Desa Wisata juga dimaksudkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi melalui sektor pariwisata yang membawa manfaat pada kesejahteraan masyarakat, meningkatkan arus kunjungan dan lama tinggal wisatawan di Kabupaten Cilacap. Serta  memberikan semangat baru bagi perangkat desa dan kelembagaan pariwisata di desa untuk membangun wisata di desanya.

Acara yang dibuka oleh Kepla Dinas Pemuda, Olahraga & Pariwisata Kabupaten Cilacap, Paiman, S.Ag., M.Pd tersebut menghadirkan narasumber kegiatan sebanyak 3 (tiga) orang terdiri dari Disporapar Kabupaten Cilacap terkait Membangun Pariwisata di Desa Wisata, DISPERMADES Kabupaten Cilacap terkait Pengembangan Desa Wisat, 3 Asesor dan Trainer Pariwisata Jawa Tengah terkait konsep pengembangan wisata berbasis masyarakat, manajemen kelembagaan pengelolaan desa wisata, Penyusunan Paket Wisata di Desa Wisata serta branding dan promosi pemasaran desa w.isata