Sebanyak 29 Desa Wisata Ikuti Bimbingan Teknis Peningkatan Kualitas Tata Kelola Destinasi di Desa Wisata Kabupaten Cilacap

CILACAP –Dinas Pemuda dan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Cilacap bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggelar Bimbingan Teknis Peningkatan Kualitas Tata Kelola Destinasi di Desa Wisata Kabupaten Cilacap, Senin (20/3/2023) di Hotel Dafam Cilacap. Sebanyak 29 Desa Wisata bersama Pokdarwis, Komite Ekonomi Kreatif dan Pelaku Wisata di Desa diundang dalam acara ini.

Acara yang dibuka oleh PJ  Direktur Pengembangan Destinasi I Kemenparekraf Harwan Eko Cahyo Wirasto, bimtek kali ini memfokuskan kepada pembangunan dan pengembangan 29 desa wisata yang ada di Kabupaten Cilacap. Selain itu Desa diharapkan mampu menjual potensinya. Hal ini juga sejalan dengan prioritas kebijakan/ program di Kemenparekraf. Bimtek ini terjadi atas permintaan Penjabat Bupati Cilacap kepada Menteri Pariwisata untuk menggelar kegiatan peningkatan kapasitas dalam pengelolaan destinasi pariwisata.

Menurut Harwan Ekon kegiatan Ini juga dalam rangka mempersiapkan arah kedepan manakala pembangunan ini diarahkan ke wilayah selatan Pulau Jawa karena memang sangat berpotensi. Ditambah nanti akan dibangun akses jalan tol ke arah selatan. Lebih lanjut beliau  berharap komitmen Pemerintah Kabupaten Cilacap dalam melakukan pengembangan 29 desa wisata yang sudah ditetapkan.

 

Sementara Kepala Acara yang juga dihadiri oleh Kepala Disporapar Cilacap ini, Paiman berharap semoga kegiatan Bimtek ini akan menghasilkan masukan-masukan dan solusi terkait permasalahan yang dihadapi pengelola desa wisata. Dan harapannya pengembangan desa wisata akan semakin cepat. Dari 29 Desa Wisata yang sudah mendapat SK hanya 1 Desa Wisata saja yang menyandang status Berkembang dan terdafatar dalam Jadesta. Selanjutnya diharapkan para pengurus Desa Wisata untuk mempu terlibat dalam nominasi ADWI.